5 Alasan Kenapa Harga Xiaomi Murah

5 Alasan Kenapa Harga Xiaomi Murah

 

Xiaomi Inc adalah sebuah perusahaan elektronik swasta Cina yang berkantor pusat di Beijing. Xiaomi adalah 4 pembuat smartphone terbesar di dunia. Xiaomi mendesain, mengembangkan, dan menjual smartphone, aplikasi mobile, laptop, dan elektronik.

Sejak merilis smartphone pertama di Agustus 2011, Xiaomi telah memperoleh pangsa pasar di daratan Cina dan diperluas dengan mengembangkan produk elektronik, termasuk rumah pintar (IOT) perangkat ekosistem. Pendiri dan CEO perusahaan adalah Lei Jun, orang terkaya ke-23  di China menurut majalah Forbes. Perusahaan menjual lebih dari 60 juta smartphone pada tahun 2014.

Perusahaan Murah ini memiliki lebih dari 8.000 karyawan, terutama di daratan Cina, India, Malaysia, dan Singapura, dan meluas ke negara-negara lain seperti Indonesia, Filipina, Afrika Selatan, dan Brazil. Menurut IDC, bulan Oktober 2014 Xiaomi adalah pembuat smartphone terbesar ketiga di dunia, setelah Samsung dan Apple Inc., dan diikuti oleh Lenovo dan LG. Xiaomi menjadi vendor smartphone terbesar di Cina pada tahun 2014, setelah disalip oleh Samsung, menurut laporan IDC.

Xiaomi adalah salah satu dari 4 teknologi start-up dunia yang paling berharga setelah menerima pendanaan sebesar $ 1,1 milyar dari investor, membuat valuasi Xiaomi lebih dari US $ 46 miliar. Xiaomi memasuki pasar India di Juli 2014. Pada tahun 2010, Xiaomi untuk pertama kalinya memperkenalkan MIUI yang berbasis sistem operasi Android. Dan pada tahun 2011, Xiaomi merilis smartphone pertamanya, Xiaomi Mi1. Sejak saat itu, secara perlahan nama Xiaomi terus berkembang pesat. Apalagi, sejak merilis seri Xiaomi Redmi.

Tahap demi tahap Xiaomi terus merilis smartphone baru yang dibekali spesifikasi dewa, namun dibanderol dengan harga yang lebih murah dibanding dengan merek smartphone lain. Sebenarnya bukan hanya smartphone, Xiaomi juga sukses merilis berbagai perangkat-perangkat berteknologi tinggi yang selalu mengikut perkembangan zaman seperti action cam, notebook, laptop, smartwatch dan lainnya tentu dengan harga yang terbilang murah.

Kenapa Harga Xiaomi Murah?

 

1. Kurangnya Promosi

Alasan pertama, kenapa harga Xiaomi murah adalah karena Xiaomi menimalkan anggaran untuk melakukan promosi (marketing). Xiaomi jarang sekali muncul di iklan-iklan TV, namun sangat sering muncul di media internet dalam bentuk artikel, Hal ini dikarenakan keunggulannya sendiri. Berbeda dengan Oppo yang betul-betul serius akan masalah promosi marketingnya. Dikarenakan hal itu, Xiaomi tidak mengeluarkan biaya yang melimpah untuk mempromosika produknya alhasil harga Xiaomi murah.

 

2. Flash Sale

Flash sale adalah sistem penjualan yang dilakukan secara online pada waktu terbatas atau dibatasi dengan stok yang terbatas pula. Metode flash sale yang dilakukan oleh Xiaomi membuatnya menjadi efektif untuk menekan biaya pemeliharaan dan juga gudang penyimpanan. Dengan demikian, hampir semua produk yang dibuat Xiaomi tidak menumpuk, sehingga meminimalisir pemeliharan dan biaya penyimpanan produk yang tidak laku.

 

3. Kerjasama Strategis

Kenapa Xiaomi yang dibekali chipset Snapdragon yang sama dengan smartphone lain harganya bisa lebih murah? Karena ternyata, ada kerjasama strategis antara Xiaomi dan Qualcomm. Kerjasama ini memungkinkan Xiaomi mendapatkan harga prosesor yang jauh lebih murah. Kabarnya, Xiaomi akan membuat chipset-nya sendiri, terpisah dari Qualcomm dan MediaTek. Namun, bukan berarti kerjasama Qualcomm dan Xiaomi berhenti, malah mungkin akan terlahir produk-produk dengan kualitas yang lebih mumpuni namun dengan harga murah.

 

4. Cerdas Membaca Pangsa Pasar (Pasang Surut Pasar)

Untuk mencapai tujuan penjualan produknya, Xiaomi cekatan dalam membaca pasang surut pasar dengan baik. Xiaomi sangat pintar mengalanisa pasar terutama di asia, apalagi di asia tenggara. Terbukti di wilayah-wilayah tersebut banyak terdapat pabrik-pabrik dan perusahaan terkait dengan Xiaomi, jadi boleh dikata Smartphone murah ini, bahkan perusahan ini berniat menguasai asia dengan teknologi mereka yang maju namun dengan harga yang lebih murah sesuai dengan kondisi di negara asia.

 

5. Penargetan Penjualan

Berbeda dengan Xiaomi, Apple menjual produknya dengan harga yang sangat mahal karena memang mereka benar-benar menargetkan pada sektor keuntungan dan pemakai produknya. Sedangkan Xiaomi hanya menargetkan market share. Yang berarti Xiaomi berniat “menduniakan” produk buatannya dengan menjual produknya dengan harga murah.

 

Kabarnya Xiaomi telah membuat pabrik di Indonesia dan oleh karena itu harga Xiaomi akan semakin lebih murah lagi dong. Dan tentu, semakin marak smartphone bermerek Xiaomi dengan harga yang murah namun dengan kualitas yang tidak murahan.

Nah, 5 Poin-poin atau Alasan utama Kenapa Harga Xiaomi Murah. Bila kamu tahu alasan lain mengapa hal tersebut bisa terjadi silahkan berkomentar ya, dan jangan lupa share juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published.